SRAGEN Maps


Lihat Sragen di peta yang lebih besar

Kamis, 07 Januari 2010

Perbedaan Minerva R150 VS Honda CBR 150R

Minerva R150 VS Honda CBR 150R

1372untitled-5 1376minerva-vs-cbr-01
SULIT membedakan lihat Minerva R150SE nyempil di deretan Honda CBR 150R. Githu juga sebaliknya, kalo liat Honda CBR 150R di antara deretan Minerva R150SE! Dari segi desain, kedua kereta besi roda dua ini macam piston dibelah dua. Mirip bangeeetsss!
Berangkat yang bukan kemana-mana, tapi dari kemiripan itu, Em-Plus coba bikin komparasi. Ember! Kalau dilihat dari harga, terpaut jauh berbeda. Minerva R150SE dijual dengan banderol Rp 16 jutaan. Sedang Honda CBR 150R dilego Rp 36 jutaan. Hitunganyam, 1 : 2 cuy!.
Mantapnya, R150SE dan CBR 150R tetap booming dan begitu banyak diminati. Terlebih R150SE, penjualannya tidak kalah sama motor Jepang umumnya. Bahkan, motor pabrikan non-Jepang.
Baiklah kalau githu! Ketimbang ngomong terus, gimana kalau langsung dibedah. Termasuk kelebihan dan kekurangan dari keduanya. Apakah punya kemiripan selain bodi?

Spidometer

Jika lihat angka di spidometer, baik itu kecepatan atau rpm sepertinya gak jauh beda sama CBR 150R. Tapi kalau diteliti lagi lebih jauh, bagian indikator paling kanan, ada voltmeter yang berfungsi mengukur kondisi aki atau battery.
Meski angka kecepatan dan rpm sama, tapi coba lihat indikator spido paling kanan. Ini yang membedakan! Di CBR, indikator ini diisi petunjuk suhu mesin. Itu karena CBR memiliki pendinginan mesin lewat radiator.
Pendingin Mesin
Enggak mau ketinggalan dari CBR 150, maka R150SE pun pakai pendingin. Tapi, kalau yang ini sih sebenarnya bukan lebih bersifat mendinginkan mesin. Lebih kepada lancarnya sirkulasi oli. Sebab yang dipakai adalah oil cooler.
Dengan harga jual di atas Rp 30 juta, pantas jika CBR menawarkan pendingin ekstra. Yaitu, liquid cooled alias radiator. Komponen ini bikin pengendara merasa lebih aman memacu motor dalam waktu lama. Betul?
Percepatan
Mesin menganut tipe SOHC satu silinder 149 cc, 5 percepatan. Pola gigi, layaknya motor sport tulen. Gigi 1, tuas perseneling diinjak. Untuk menaikan ke percepatan lebih tinggi, gigi pun tinggal dicungkel ke atas. Klek!
Ini yang bikin beda! Meski sama mengusung kapasitas silinder 150 cc, tapi tipe mesin CBR adalah DOHC. Ya, ada dua noken-as untuk menggerakan kinerja buka tutup klep. Makin beda lagi, motor CBU dari Thailand ini juga sudah dilengkapi 6 percepatan.

Kaki-kaki

Kalau jeli, ini yang bisa membedakan antara CBR pekgo dengan R150SE. Ya! Kalau kaki depan CBR masih menggunakan sok teleskopik, tapi di Minerva enggak tuh! R150SE sudah pakai sok model up-side down.
Meski kaki-kaki model teleskopik, tapi soal lincah juga handling dan redaman, enggak kalah dengan sok model upside down yang ditawarkan R150SE. Sekali lagi, ini yang jelas membedakan CBR dengan ‘kembarannya’ ini.
Fitur Lain
Bentuk kaki belakang, bisa dibilang tetap mirip. Kalau tidak percoyo, silakan tengok penutup rantai. Dari bentuknya saja sama. Bahkan, buat pengereman belakang, Minerva juga sudah mengandalkan disk brake alias cakram.
Memang, sekilas sama. Tapi, ada fitur lain di kaki belakang yang tidak dimiliki Minerva. Yaitu pengaman gir belakang. Fitur ini, mencegah rantai selip ke celah gir dan arm jika tiba-tiba puntus rantai. Fitur ini, juga diaplikasi di motor Honda terbaru di Indonesia. Misalnya, Honda Blade 110R.

Akselerasi

Tampang boleh sama dengan CBR 150, tapi kemampuan berlari jauh di bawah CBR. Meski setiap perpindahan gigi terasa menghentak, tetap larinya tidak bisa mengimbangi CBR. Buktinya, untuk raih kecepatan 60 km/jam butuh waktu lama.
Uang memang kagak bohong! Dengan harga Rp 36 jutaan, CBR dilengkapi mesin DOHC dan handling yang benar-benar sporty. Untuk meraih kecepatan 0 – 60 km/jam, cukup butuh waktu 4,02 detik.
Tabel Akselerasi

Minerva R150SE

0 – 60 km/jam : 12,31 detik
0 – 100 meter : 11,82 detik
0 – 201 meter : -
Honda CBR 150R
0 – 60 km/jam : 4,02 detik
0 – 100 meter : 6,80 detik
0 – 201 meter : 10,98 detik
Selain Minerva
Pesona Honda CBR 150R sepertinya jadi perhatian buat produsen mona alias motor Cina. Selain Minerva, ada juga merek lain yang hadir dengan tampang serupa. Yaitu, Happy atau Jialing.
Kabar keberadaan CBR rasa Happy atau Jialing, juga masih simpang siur. Ada yang bilang sudah lama ditarik dari peredaran karena sesuatu hal. Juga ada yang bilang karena memang kurang diminati pada saat itu. Terserah deh!
Di luar negeri sono, pabrikan motor Taiwan, Kymco, juga bikin motor laki bercita rasa CBR 150R. Nama yang dipakai, Kymco Quannon 150. Kabarnya, Quannon bakal resmi dan mungkin juga langsung diterima pasar dunia pada 2010.
Motor sport katagori kecil ini juga bakal merambah pasar eropa. Pasar yang memang begitu welcome dengan semua produk Kymco. Mulai dari skuter sampai ATV. Jga memang ideal untuk jadi moge kecil untuk latihan atau beradaptasi sebelum bawa moge beneran.
Quannon mengusung dapur pacu 4-tak air-cooled dengan 5 percepatan. Diklaim ramah lingkungan dan mantap diajak bermanuver di jalanan.

Jumat, 01 Januari 2010

Buat Lirik Lagu Loe Digemari

Test..........

buat-lirik-lagu-loe-digemari.jpgSaat loe mau bikin lagu, selain nada-nada yang enak didenger, loe juga harus bikin lirik yang bagus dan punya arti/makna yang dalem/kuat buat pendenger. Ini sedikit tips tentang gimana sih bikin lirik lagu yang asyik. Moga2 bisa bermanfaat buat loe yang pengen mencipta lagu…
Jujur
Dalam hal apapun, jujur tentunya yang paling asyik. karena loe ngga punya beban apapun sama orang lain. Begitu juga saat loe mau buat lirik. Sewaktu loe jujur saat nulis lirik, dijamin semua yang loe tulis bakal ngalir dengan lancar. Sudah pasti kejujuran dilirik lagu loe bakalan ikut dirasakan oleh penikmat lagu loe. Biasanya sih yang jujur itu selalu berdasarkan pengalaman pribadi loe atau mungkin teman2 disekitar loe, baik itu manis, menyedihkan, konyol atau buruk, semuanya ngga masalah. Trus coba loe hayatin lagi dan tulis semuanya dengan ju-ju-rr.
Lirik dan Musik
Walaupun ngga ada kata wajib, tapi sebuah lirik lagu biasanya disesuain dengan musiknya. Apalagi kalo proses pembuatan musiknya udah selesai duluan. Nah kalo kaya gitu, penggarapan liriknya harus disesuain sama musik tersebut. Contohnya nih, kalo elo bikin musiknya keras, berisik dan banyak distorsi, paling pantes kalo liriknya bercerita tentang kemarahan loe, misalnya loe marah sama keadaan. Nah kalo musik loe pelan, biasanya cocok sama Lirik tentang kesedihan atau hal-hal santai. Intinya emosi musik dan lirik harus bener-bener sesuai. Jangan sampe ngga nyambung ! Ntar lagu loe malah nyasar kemana-mana lagi..!
Referensi
Membuat lirik yang bagus tentunya diperlukan wawasan yang luas. Terutama dalam hal penggunaan kata-kata yang baik, tepat dan indah, karena secara tidak langsung akan mempengaruhi kualitas lagu loe sendiri. Makanya loe harus cari referensi sebanyak mungkin. Bisa dari buku-buku puisi atau syair atau kamus bahasa Indonesia. Dan jangan lupa juga untuk terus ngikutin trend bahasa yang lagi beredar saat itu. Biar lagu2 loe ngga ketinggalan jaman. Bener ngga ?
Visi dan Lirik
Secara loe anak band, satu-satunya cara buat nyampein apa yang jadi keinginan atau harapan loe, sudah pasti dari sebuah lagu. Makanya saat loe buat lirik, usahain loe bikin lirik yang bisa membuat pendenger ngelakuin sesuatu dalam hidupnya. Loe bisa bikin lirik yang ngebangkitin semangat atau tentang alam dan lingkungan yang semakin rusak. Ngga ada salahnya juga membuat lirik tentang amarah dan kritik terhadap penguasa yang rakus dan koruptor melulu. Pokoknya bebas aja deh ! Tapi kalo loe pengin band loe atau musik loe punya penggemar n bikin hidup loe sukses, Loe tau kan mesti buat lirik seperti apa ?? tentunya yang sifatnya universal, yah…apalagi kalo bukan tentang cinta.

Lirik dan Penyanyi

Penyesuaian lirik lagu dengan penyanyi sangatlah penting, jangan sampai lirik yang dalem jadi mentah karena ngga cocok dinyanyiin sama vocalis loe. Tapi kalo loe bikin lagu buat loe nyanyiin sendiri, mungkin gampang, karena loe pasti udah tau karakter vocal loe. Nah kalo yang nyanyiin orang lain ? tentunya loe harus fahamin karakter si vocalis, mungkin dengan cara bertukar pikiran. Biar loe dan si vocalis bisa memahami maksud lirik lagu tersebut. Tapi ingat ! Jangan maksa kalo lirik yang loe bikin emang ngga cocok buat si vocalis.Nah, Selamat berkarya !