SRAGEN Maps


Lihat Sragen di peta yang lebih besar

Jumat, 01 Januari 2010

Buat Lirik Lagu Loe Digemari

Test..........

buat-lirik-lagu-loe-digemari.jpgSaat loe mau bikin lagu, selain nada-nada yang enak didenger, loe juga harus bikin lirik yang bagus dan punya arti/makna yang dalem/kuat buat pendenger. Ini sedikit tips tentang gimana sih bikin lirik lagu yang asyik. Moga2 bisa bermanfaat buat loe yang pengen mencipta lagu…
Jujur
Dalam hal apapun, jujur tentunya yang paling asyik. karena loe ngga punya beban apapun sama orang lain. Begitu juga saat loe mau buat lirik. Sewaktu loe jujur saat nulis lirik, dijamin semua yang loe tulis bakal ngalir dengan lancar. Sudah pasti kejujuran dilirik lagu loe bakalan ikut dirasakan oleh penikmat lagu loe. Biasanya sih yang jujur itu selalu berdasarkan pengalaman pribadi loe atau mungkin teman2 disekitar loe, baik itu manis, menyedihkan, konyol atau buruk, semuanya ngga masalah. Trus coba loe hayatin lagi dan tulis semuanya dengan ju-ju-rr.
Lirik dan Musik
Walaupun ngga ada kata wajib, tapi sebuah lirik lagu biasanya disesuain dengan musiknya. Apalagi kalo proses pembuatan musiknya udah selesai duluan. Nah kalo kaya gitu, penggarapan liriknya harus disesuain sama musik tersebut. Contohnya nih, kalo elo bikin musiknya keras, berisik dan banyak distorsi, paling pantes kalo liriknya bercerita tentang kemarahan loe, misalnya loe marah sama keadaan. Nah kalo musik loe pelan, biasanya cocok sama Lirik tentang kesedihan atau hal-hal santai. Intinya emosi musik dan lirik harus bener-bener sesuai. Jangan sampe ngga nyambung ! Ntar lagu loe malah nyasar kemana-mana lagi..!
Referensi
Membuat lirik yang bagus tentunya diperlukan wawasan yang luas. Terutama dalam hal penggunaan kata-kata yang baik, tepat dan indah, karena secara tidak langsung akan mempengaruhi kualitas lagu loe sendiri. Makanya loe harus cari referensi sebanyak mungkin. Bisa dari buku-buku puisi atau syair atau kamus bahasa Indonesia. Dan jangan lupa juga untuk terus ngikutin trend bahasa yang lagi beredar saat itu. Biar lagu2 loe ngga ketinggalan jaman. Bener ngga ?
Visi dan Lirik
Secara loe anak band, satu-satunya cara buat nyampein apa yang jadi keinginan atau harapan loe, sudah pasti dari sebuah lagu. Makanya saat loe buat lirik, usahain loe bikin lirik yang bisa membuat pendenger ngelakuin sesuatu dalam hidupnya. Loe bisa bikin lirik yang ngebangkitin semangat atau tentang alam dan lingkungan yang semakin rusak. Ngga ada salahnya juga membuat lirik tentang amarah dan kritik terhadap penguasa yang rakus dan koruptor melulu. Pokoknya bebas aja deh ! Tapi kalo loe pengin band loe atau musik loe punya penggemar n bikin hidup loe sukses, Loe tau kan mesti buat lirik seperti apa ?? tentunya yang sifatnya universal, yah…apalagi kalo bukan tentang cinta.

Lirik dan Penyanyi

Penyesuaian lirik lagu dengan penyanyi sangatlah penting, jangan sampai lirik yang dalem jadi mentah karena ngga cocok dinyanyiin sama vocalis loe. Tapi kalo loe bikin lagu buat loe nyanyiin sendiri, mungkin gampang, karena loe pasti udah tau karakter vocal loe. Nah kalo yang nyanyiin orang lain ? tentunya loe harus fahamin karakter si vocalis, mungkin dengan cara bertukar pikiran. Biar loe dan si vocalis bisa memahami maksud lirik lagu tersebut. Tapi ingat ! Jangan maksa kalo lirik yang loe bikin emang ngga cocok buat si vocalis.Nah, Selamat berkarya !

Tidak ada komentar: